Honda Siap Pasang Komponen Winglet Serupa Milik Ducati di MotoGP Argentina

Honda Siap Pasang Komponen Winglet Serupa Milik Ducati di MotoGP Argentina – Honda sudah sempat protes pemakaian winglet Ducati di Qatar. Sesudah tehnologi itu dikatakan legal, Honda akan mengenakannya pula di MotoGP Argentina?

Honda sudah sempat protes Ducati, yang memenang seri pembuka MotoGP Qatar. Bersama dengan Suzuki, KTM, serta Aprilia, Honda menuding motor yang digunakan Andrea Dovizioso waktu memenangkan balapan di Circuit Losail memakai elemen ilegal, yaitu winglet yang terpasang di ban belakang Desmosedici.

Memprotes empat team pabrikan itu atas winglet Ducati, yang awal mulanya ditunjuk miliki manfaat aerodinamis, bersambung sampai ke Pengadilan Banding MotoGP. FIM pada akhirnya mengatakan elemen itu legal serta resmi dipakai.

Seperti dikutip Autosport, Honda sekarang diberitakan tertarik memakai elemen sama selesai sah dilegalkan. Pabrikan berlogo sayap itu siap menempatkan elemen winglet yang sama dengan punya Ducati di MotoGP Argentina akhir minggu ini.

Dijelaskan, insinyur Honda telah menjumpai Danny Aldridge, direktur tehnis MotoGP, untuk minta kesepakatan untuk memakai winglet versinya di MotoGP Argentina.

Walau demikian, Marc Marquez mengakui tidak paham apa Honda akan menerapkannya di MotoGP Argentina. Juara bertahan MotoGP itu hanya menjelaskan, pabrikannya akan mengkaji wingletnya terlebih dulu.

“Saya ketahui Honda serta tentunya mereka berupaya coba menganalisisnya, coba mengerti apa fungsinya dengan detil serta mencari tahu dimana keuntungannya. Saya meyakini jika semua pabrikan akan coba. Tetapi saya fikir spoiler ini tidak memberikan banyak keuntungan waktu [dari laptime],” kata Marquez.

Sesaat manajer Honda Alberto Puig menjelaskan, timnya hanya kerja untuk temukan jalan keluar terunggul pada motornya.

“Honda ialah perusahaan yang tetap berfikir serta meningkatkan beberapa ide baru, tapi sekarang ini kami cuma berupaya pikirkan yang terunggul. Tentunya kami tidak tertidur, tapi untuk saat ini kami ialah kami,” tuturnya.